Mitos dan Legenda Seputar Batu Ruby

Selalu ada cerita dibalik sesuatu. Itupun tak terlepas dari batu Ruby. Banyak yang mengaitkan batu mulia yang satu ini dengan mitos dan legenda jaman dahulu. Di India bahkan Batu Ruby disebut sebagai "King of Gemstones", yang diambil dari istilah "ratnaraj" dari bahasa Sansekerta.

Bagi kebanyakan warga India, dari jaman kuno hingga kini menganggap Ruby mengandung khasiat mampu melindungi pemakainya dari kemalangan dan kesehatan yang buruk. Ini pun banyak diyakini oleh pencinta batu ruby di tanah air.

(Baca: Kandungan dan Cara Merawat Batu Ruby dengan Baik)

Carmen Lucia Ruby (Image by Google)
Selain keyakinan turun temurun dari warga India, kebanyakan kolektor juga sangat yakin Batu Ruby adalah batu kelahiran bagi mereka yang lahir di bulan Juli. Dalam ilmu astrologi, batu ruby adalah batu untuk mereka yang berzodiac Capricorn.

Karena kelangkaan dan kemewahannya, tidak sedikit pula orang yang menjadikan Ruby sebagai hadiah perayaan pernikahan yang telah berlangsung lama. Misal, mereka yang telah berumah tangga 15 tahun hingga 40 tahun. Ruby adalah simbol dari kemesraan hubungan.

(Baca: Mengetahui Jenis dan Warna Batu Ruby)

Banyak juga yang meyakini, sebelum Abad Pertengahan orang-orang percaya bahwa kosmos tercermin dalam Batu Ruby yang punya kaitan langsung dengan planet Mars dan Pluto. Keyakinan ini memang sudah mulai hilang, namun masih ada juga yang yakin dengan hal tersebut.

Mistik atau dinamisme juga tidak lepas dari cerita Batu Ruby. Batu ini seringkali justru menghidupkan kembali kepercayaan kuno dan seolah mejadi sarana promosi yang ampuh bagi industri permata. Itulah setidaknya yang terjadi di Indonesa.

Cerita mistis inilah yang menjadi senjata ampuh pemasaran dan untuk menaikkan nilai beberapa jenis permata tertentu.

(Baca: Ini Negara Penghasil Batu Ruby Terbesar di Dunia)

Kekuatan penyembuhan dari batu permata tetap menjadi isu kontroversial, namun banyak disebutkan bahwa selama berabad-abad hal itu sudah dilakukan oleh para terapis, dukun dan tabib. Apakah itu fakta atau hanya mitos belaka sebenarnya tidak masalah, jika hal tersebut benar-benar bisa membantu.

Batu ruby dikenal sebagai perlindungan kesehatan umum dan bermanfaat untuk mengurangi sakit pada bagian punggung. Inilah setidaknya yang dirasakan beberapa orang yang memakai batu ruby sebagai cincin atau bentuk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar