Apa Itu Batu Zamrud atau Batu Emerald?

Batu mulia selain Batu Ruby yang terkenal juga ada Batu Zamrud. Batu Zamrud atau Emerald adalah salah satu batuan batuan cantik yang termasuk dalam kategori batu mulia dalam kelompok beryl.

(Baca: Apa Itu Batu Ruby?)

Batu Zamrud (Image by Google)
Nama Emerald atau batu zamrud berasal dari bahasa Yunani yakni smaragdos atau dalam kamus Bahasa Perancis kuno disebut juga esmeralde, yang berarti batu mulia berwarna hijau.

Batu zamrud memiliki warna hijau yang indah dan tak tertandingi di dunia batuan permata.

Hal ini tidak mengherankan jika kemudian batu zamrud yang diklasifikasikan sebagai salah satu dari empat batu mulia yang paling termashur bersama dengan batu safir, batu ruby dan berlian.

(Baca: Apa Itu Batu Mulia atau Batu Permata?)

Warna hijau batu zamrud sebenarnya disebabkan oleh jumlah jejak kromium dan vanadium yang berada didalam kandungan batuan cantik tersebut.

Hampir semua batu zamrud alami mengandung karakteristik dimana terdapat inklusi didalam batuan tersebut. Untuk alasan itu zamrud umumnya lebih rapuh daripada keluarga beryl lainnya dan harus ditangani dengan lebih lembut.

(Baca: Kandungan dan Cara Merawat Batu Ruby dengan Baik)

Hampir semua batu zamrud telah diperlakukan/treatments dengan minyak atau resin untuk mengisi celah-celah kecil yang terdapat didalam batu mulia tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar